Pendidikanku : Soal Ulangan Alat Pencernaan Manusia

Soal Ulangan Alat Pencernaan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diolah melalui proses pencernaan. Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan yang dapat diserap tubuh. Alat yang berfungsi untuk menghancurkan makanan ini disebut alat pencernaan. Selain alat-alat pencernaan, dalam tubuh kita juga terdapat kelenjar pencernaan. Misalnya, hati dan kelenjar pankreas. Kelenjar pencernaan membantu. Berikut ini beberapa contoh soal ulangan materi Alat Pencernaan Manusia. 

1.    Jenis gigi seri  berfungsi untuk . . . .
  • a. memotong makanan
  • b. mengoyak makanan
  • c. mengunyah makanan
  • d. membalik makanan
Gigi seri untuk memotong makanan
2.  Makanan setelah dicerna akan diserap dan disalurkan ke seluruh bagian tubuh. Penyerapan sari-sari makanan terjadi pada . . . .
  • a. lambung
  • b. usus halus
  • c. usus besar
  • d. kerongkongan
Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap.Di dalam usus penyerap terdapat pembuluh darah . Melalui pembuluh darah inilah terjadi penyerapan sari-sari makanan. Sari-sari makanan masuk dalam aliran darah dan diedarkan ke seluruh tubuh.
3.     Pencernaan makanan secara kimiawi terjadi di . . . .
  • a. mulut dan kerongkongan
  • b. kerongkongan dan lambung
  • c. lambung dan usus halus
  • d. lambung dan usus besar
Di dalam usus dua belas jari, makanan dicerna secara kimiawi. Pencernaan itu dilakukan oleh getah empedu dan getah pankreas
4.    Lambung menghasilkan beberapa cairan yang membantu pencernaan makanan. Salah satunya yaitu asam klorida yang berfungsi untuk . . . .
  • a. menyerap sari makanan
  • b. membunuh kuman yang masuk bersama makanan
  • c. melarutkan makanan yang keras
  • d. menghaluskan makanan
Dinding lambung menghasilkan asam klorida. Asam klorida atau asam lambung berguna untuk membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makanan.
5.     Enzim ptialin berfungsi untuk mencerna karbohidrat menjadi zat-zat yang lebih sederhana. Enzim ptialin ini terdapat di dalam . . . .
  • a. usus halus
  • b. rongga mulut
  • c. lambung
  • d. kerongkongan
Mulut menghasilkan air liur. Air liur mengandung enzim ptialin atau amilase. Enzim ini berfungsi untuk mencerna zat tepung (amilum) secara kimiawi menjadi zat gula.
6.     Penyakit dengan gejala bibir pecah-pecah mudah menyerang jika kita . . . .
  • a. kekurangan vitamin C
  • b. makan tidak teratur
  • c. kekurangan kalsium
  • d. kekurangan air
Penyakit yang ditandai dengan bibir pecah-pecah adalah sariawan, sariawan disebabkan kekurangan vitamin C.
7.     Saat terjadi pergantian musim, banyak orang mudah terserang penyakit. Bahan makanan yang dapat menjaga kondisi badan agar tidak mudah terserang penyakit yaitu . . . .
  • a. roti dan nasi
  • b. jagung dan singkong
  • c. keju dan sagu
  • d. jeruk dan mangga
Vitamin C berguna membantu daya tahan tubuh terhadap infeksi. Vitamin C banyak terdapat dalam buah-buahan , misalnya jeruk dan mangga.
8.    Menu makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu . . . .
  • a. sepiring nasi, sepotong dendeng, sepotong tempe goreng, dan sebuah apel
  • b. sepiring nasi, semangkuk kecil sayur bayam, dan sepotong semangka
  • c. sepiring nasi, semangkuk kecil sayur kacang panjang, sebutir telur asin, dan sebuah pisang
  • d. sepiring nasi, sepotong singkong goreng, sepotong rendang daging, dan sebuah jeruk.
Menu makanan bergizi seimbang terdapat dalam empat macam makanan berikut.
a. Makanan pokok (nasi, jagung, singkong, roti, dan sagu).
b. Lauk pauk (daging, telur, ikan, tahu, dan tempe).
c. Sayuran (bayam, kangkung, dan buncis).
d. Buah-buahan (apel, mangga, pisang, dan pepaya).(C)
9.    Ketika mencuci beras sebelum dimasak, sebaiknya jangan diremas-remas terlalu keras. Tindakan ini bertujuan agar . . . .
  • a. vitamin B1 tidak rusak
  • b. vitamin B1 tidak larut dalam air
  • c. karbohidrat tidak rusak
  • d. karbohidrat tidak larut dalam air
Beras mengandung banyak vitamin B1. Vitamin ini sifatnya mudah larut dalam air. Sebaiknya, beras tidak dicuci terlalu lama dan tidak diremas-remas.
10.    Kecambah kacang hijau mempunyai nilai gizi yang lebih baik jika dimakan . . . .
  • a. mentah, karena kandungan mineralnya tinggi
  • b. masak, karena vitaminnya bertambah
  • c. mentah, karena vitaminnya tidak rusak
  • d. masak, karena mineralnya tidak rusak
Kecambah kacang hijau mengandung vitamin E, dan sebaiknya dimakan mentah supaya vitaminya tidak rusak.

B. Ayo, menjawab!
1.    Sebutkan tiga bentuk gigi manusia dan fungsinya!
  • Gigi taring untuk mengoyak makanan, dan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi geraham dibedakan menjadi geraham depan dan geraham belakang.
2.    Sebutkan empat macam penyakit pada alat pencernaan dan penyebabnya!
  • Mag (Radang Lambung) Penyakit mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur.  .
  • Apendisitis (Radang Umbai Cacing) Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang.
  • Disentri Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri. 
  • Sembelit Penyakit ini disebabkan makanan yang kita makan kurang berserat. 
3.    Sebutkan lima contoh bahan makanan sumber tenaga!
  • Bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain: gandum, beras, jagung, sagu, dan ketela pohon.
4.    Zat makanan apa yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, tetapi harus terpenuhi?
  • Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit
5.    Jelaskan cara mengolah sayuran dari tahap persiapan sampai masak agar nilai gizinya tidak hilang!
Cara memasak sayuran yang benar sebagai berikut.
  • Sayuran dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong.
  • Memasak sayuran tidak terlalu lama atau jangan terlalu matang.
  • Saat memasak sayuran sebaiknya panci dalam keadaan tertutup

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Aksara Tanpa makna

Materi pendidikAN SEKOLAH