Pendidikanku : Soal UTS I PKn Kelas VI

Soal UTS I PKn Kelas VI. Soal Ulangan Tengah Semester Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaran untuk Kelas VI ini disusun berdasarkan kompetensi dasar sebagai berikut :
  • 1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.  
  • 1.2 Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.  
  • 1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
1. Dalam peristiwa perumusan dasar negara, setiap tokoh nasional memiliki pendapat yang berbeda-beda. Pendapat tersebut dapat disatukan menjadi suatu ....
  a. mufakat
  b. kepentingan
  c. tujuan
  d. gagasan
Dengan musyawarah kita berusaha menyatukan pendapat yang berbeda-beda tersebut menjadi suatu mufakat atau kesepakatan.
2. Rumusan dasar negara yang berbunyi "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya" terdapat pada ....
  a. Piagam Jakarta
  b. pidato Ir. Soekarno
  c. Pancasila
  d. Pembukaan UUD 1945
Rumusan dasar negara berdasarkan Piagam Jakarta adalah sebagai berikut.
Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya.
Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Persatuan Indonesia.
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
3. Panitia yang dibentuk oleh BPUPKI untuk membahas rancangan hukum dasar negara disebut ....
  a. BPUPKI
  b. PPKI
  c. Panitia Sembilan
  d. Tiga Serangkai
Rancangan Pembukaan UUD ini disusun oleh panitia kecil dari BPUPKI yang berjumlah sembilan orang dan diketuai oleh Ir. Soekarno. Kesembilan orang tersebut kemudian terkenal dengan sebutan Panitia Sembilan.
4. Setelah lahirnya Budi Utomo, perlawanan bersenjata berubah menjadi perlawanan dengan cara ....
  a. diplomasi
  b. kekerasan
  c. organisasi
  d. perang
Lahirnya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 menjadi tonggak perubahan perlawanan dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dan dari bersenjata beralih ke organisasi.
5. Sebagai Dasar Negara, Pancasila harus diamalkan oleh ....
  a. aparatur negara
  b. pemerintah
  c. seluruh rakyat
  d. presiden
Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia yang harus diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia. Pancasila dijadikan sebagai pedoman bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
6. Tokoh nasional yang mengusulkan nama Piagam Jakarta sebagai rumusan dasar negara adalah ....
  a. Moh. Yamin
  b. Ir. Soekarno
  c. Moh. Hatta
  d. Dr. Supomo
Rumusan dasar Indonesia merdeka oleh Mr. Moh. Yamin diberi nama Jakarta Charter atau Piagam Jakarta.
7. Piagam Jakarta adalah nama hasil kerja Panitia Sembilan yang diberikan oleh ....
  a. Ir. Soekarno
  b. Dr. Soepomo
  c. Moh. Yamin
  d. Moh. Hatta
Dokumen itu dikenal dengan nama Piagam Jakarta atau Jakarta Charter. Nama tersebut yang memberikan adalah Mr. Moh. Yamin.
8. Setelah tanggal 1 Juni 1945 BPUPKI berhenti bersidang karena ....
  a. Perang Dunia II berakhir
  b. Jepang menyerah
  c. BPUPKI dibubarkan
  d. masa reses
Hal itu disebabkan BPUPKI akan mengadakan reses (tidak ada kegiatan persidangan) dan akan melanjutkan sidang pada bulan Juli 1945.
9. Musyawarah dapat berjalan dengan lancar apabila seluruh peserta musyawarah bersikap ....
  a. aktif berpendapat dalam musyawarah
  b. menolak hasil keputusan musyawarah
  c. saling menghormati dan menghargai
  d. berbicara keras ketika berpendapat
Musyawarah hanya akan berjalan dengan lancar apabila seluruh anggota musyawarah bersikap tertib, saling menghormati dan menghargai, tidak memaksakan kehendak, serta mau menerima hasil keputusan dalam musyawarah dengan ikhlas.
10. Contoh sikap mendahulukan kepentingan umum yaitu ....
  a. belajar kelompok bersama teman
  b. melakukan piket kelas
  c. ikut kegiatan kerja bakti daripada pergi bermain
  d. mengikuti upacara bendera
Rela menyisihkan uang jajan untuk perayaan hari kemerdekaan di kampung bersama warga.
Mengikuti kerja bakti di kampung daripada pergi bertamasya.
Ikut membantu menyiapkan barang-barang yang akan diberikan ke panti asuhan daripada bermain sepeda di jalan.
11. Untuk menghasilkan keputusan bersama, bangsa Indonesia melakukan ....
  a. voting
  b. jajak pendapat
  c. aklamasi
  d. musyawarah
Bangsa Indonesia selalu mementingkan musyawarah mufakat untuk menghasilkan keputusan. Peristiwa sejarah sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 telah membuktikan bahwa bagaimana musyawarah mufakat telah dijalankan.  
12. Keputusan dalam musyawarah lahir bukan karena suara terbanyak, akan tetapi keputusan tersebut lahir karena ....
  a. paksaan
  b. kesadaran pribadi
  c. kesepakatan
  d. dorongan pihak lain
Keputusan tersebut lahir karena adanya kesepakatan atau kata mufakat.
13. Salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat adalah ....
  a. gotong royong
  b. tolong menolong
  c. kerja bakti
  d. musyawarah
Saling menghargai pendapat terjadi dalam kegiatan musyawarah. Peserta musyawarah mengemukakan pendapatnya dan mendengarkan pendapat orang lain. Tukar pendapat berlangsung dalam suasana kekeluargaan.
14. Tokoh yang ikut merumuskan perubahan naskah Piagam Jakarta sebelum disahkan oleh PPKI adalah ....
  a. Ir. Soekarno
  b. H. Agus Salim
  c. Ahmad Soebardjo
  d. Moh. Hatta
Untuk membahas masalah perubahan naskah Piagam Jakarta, Moh. Hatta dan beberapa tokoh Islam, seperti Ki Bagus Hadikusumo, Kasman Singodimejo, K.H. Abdul Wachid Hasyim, dan Teuku Moh. Hassan mengadakan pertemuan sendiri.
15. Tujuan musyawarah adalah untuk mencapai ....
  a. persaingan
  b. kebahagiaan
  c. mufakat
  d. kesejahteraan
Muyawarah dilakukan dengan tujuan untuk mencapai kata sepakat (mufakat).  
16. Urutan sila Pancasila yang resmi adalah yang sesuai dengan ....
  a. alinea keempat Pembukaan UUD 1945
  b. gagasan Ir. Soekarno
  c. Piagam Jakarta
  d. gagasan Mr. Mohammad Yamin
Pancasila yang sah dan resmi menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.
17. Tokoh perumus dasar negara yang berasal dari Sumatera Barat adalah ....
  a. Prof. Mohammad Yamin, S.H.
  b. Prof. Dr. R. Supomo, S.H.
  c. Ir. Soekarno
  d. K. H. Abdul Wahid Hasyim
Mohammad Yamin dilahirkan pada tanggal 28 Agustus 1903 di Talawi, Sumatera Barat.  
18. Makna UUD 1945 bagi bangsa Indonesia adalah ....
  a. bangsa Indonesia mengakui kemerdekaan
  b. pengakuan bangsa Indonesia selalu terjajah
  c. sebagai bukti penderitaan bangsa Indonesia
  d. bangsa Indonesia sejahtera akibat dijajah
Bangsa Indonesia berjuang untuk meraih kemerdekaan dan berusaha untuk mempertahankan hak asasinya. Pancasila dan UUD 1945 dirumuskan sebagai sumber hak asasi manusia. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
19. Cinta tanah air dapat kita tunjukkan melalui sikap ....
  a. menerima keputusan musyawarah dengan ikhlas
  b. melestarikan lingkungan hidup di sekitar
  c. mau mengakui keunggulan orang lain
  d. mau mengakui kesalahan dan meminta maaf
Sikap cinta tanah air dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain: 
Melestarikan lingkungan hidup di sekitar.
Belajar dan bekerja keras untuk masa depan. 
Melakukan kegiatan yang mengharumkan nama bangsa dan negara. 
Berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 
Mencintai produksi dalam negeri.
20. Tokoh perumus Pancasila mengajarkan untuk menghargai setiap pendapat yang berbeda. Hal tersebut dapat dilakukan dalam kegiatan ....
  a. gotong royong
  b. kerja bakti
  c. tolong menolong
  d. musyawarah
Musyawarah merupakan cara yang ditempuh para perumus Pancasila dalam sidang BPUPKI ketika merumuskan Pancasila.  
II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Rumusan Dasar Negara Indonesia terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ....
  • keempat
2. Pada tahun 1944 kedudukan pasukan Jepang terhadap Sekutu mengalami ....
  • kekalahan
3. Tokoh nasional menyusun dasar negara demi kepentingan ....
  • bangsa dan negara Indonesia
4. Kebersamaan membuat permasalahan yang dihadapi akan terasa lebih ....
  • ringan
5. Setelah BPUPKI dibubarkan pemerintah Jepang membentuk 
        badan untuk memeprsiapkan kemerdekaan Indonesia yaitu ....
  • PPKI
6. Para tokoh nasional memberi contoh bahwa perbedaan bukanlah penghalang untuk ....
  • bersatu

7. Ciri khas bangsa Indonesia dalam menyelesaikan masalah adalah ....
  • musyawarah mufakat
8. Memakai produk dalam negeri merupakan upaya mengembangkan sikap ....
  • cinta tanah air
9. Kepentingan umum harus diutamakan daripada kepentingan ....
  • golongan
10. Mengikuti pekan budaya daerah adalah salah satu upaya mengambangkan sikap ....
  • persatuan dan kesatuan
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan jelas !
1. Sebutkan organisasi pergerakan nasional Indonesia yang lahir setelah 
        berdirinya Budi Utomo!
  • Sarikat Islam
  • Tri Koro Darmo
  • Indische Partij
2. Sebutkan isi rumusan dasar negara berdasarkan Piagam Jakarta!
  • 1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya.
  • 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  • 3. Persatuan Indonesia.
  • 4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  • 5. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.
3. Mengapa kepentingan negara harus didahulukan daripada kepentingan 
        pribadi dan golongan?
  • Karena kepentingan negara lebih penting daripada kepentingan pribadi dan golongan. Kepentingan negara menyangkut kepentingan seluruh masyarakat Indonesia.
4. Sebutkan nilai-nilai yang patut diteladani dalam peristiwa perumusan Pancasila 
        sebagai Dasar Negara!
  • Sikap persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan setiap masalah.
  • Mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi atau golongan.
5. Bagaimana cara kamu menghargai hak orang lain?
Sikap menghargai hak orang lain dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Memberi kesempatan kepada orang lain untuk menyampaikan pendapat.
  • Menghargai hak orang lain.
  • Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE

Sekilas tentang penulis : Aksara Tanpa makna

Materi pendidikAN SEKOLAH